Announcement

Jumat, 14 Februari 2014

CBIS

Kelompok :     Albet Fernando           (1214023)
                        Dono Saksono             (1214017)
                        Eko Candra S.             (1214018)
                        Martua Sihotang         (1214022)

1.     Fokus Awal Pada Data
Aplikasi akutansi berbasis komputer ini disebut juga dengan pengolahan data elektronik (EDP). Sistem informasi akuntansi melaksanakan akuntansi perusahaan dengan aplikasi yang ditandai pengolahan data yang tinggi.

ü  Contoh SIA : Bank Dunia dimana bank dunia memberikan pinjaman kepada negara-negara miskin dan tentu saja menggunakan sistem informasi akutansi  dengan aplikasi pengolahan data yang tingi.

2.     Fokus baru pada informasi / SIM (Sistem Informasi Manajemen)
Sistem berbasis komputer yang menyediakan informasi bagi pemakai dengan kebutuhan yang serupa (Raymond McLeod, JR). Dan menurut Gordon B. Davis, SIM merupakan integrasi manusia dan mesin guna menyediakan informasi untuk mendukung fungsi operasional manajemen &pengambilan keputusan pada suatu organisasi.

ü  Contoh SIA: Sistem pada perusahaan deler motor,dimana satu deler dapat terhubung dengan deler yang lain salah satunya dalam hal persediaan barang.


3.     Fokus Revisi Pada Pendukung Keputusan (SPK)
Sistem Penunjang Keputusan (SPK) merupakan sistem komputer yang interaktif yang membantu pembuat keputusan dalam menggunakan dan memanfaatkan data & model untuk memecahkan masalah yang tidak terstuktur.

ü  Contoh SIA : Program MYCIN yang digunakan beberapa rumah sakit untuk mengedentifikasi penyakit yang berasal dari bakteri pada tubuh manusia dan memberikan rekomendasi antibiotik khusus
4.     Fokus Kini pada Komunikasi (Otomatisasi Perkantoran) / OA (Office Automation)
Semua sistem elektronik formal dan informal terutama yang berkaitan dengan komunikasi informasi.

ü  Contoh SIA : nilai kurs mata uang yang pada setiap detiknya dapat berubah dengan cepat sehinga sangat di butuhkan pemantauan informasi sacara terkini.

5.     Fokus Potensial pada Konsualtasi (Sistem Pakar)
Program komputer yang berfungsi seperti manusia yaitu memberikan konsultasi kepada pemakai mengenai cara pemecahan masalah.

ü  Contoh SIA : Alaram kebakaran pada sebuah gedung,dimana sistem alaram tersebut apabila terdeteksi titik api maka secara otomatis akan memberi tanda berupa peringatan dalam bentuk suara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar