Announcement

Selasa, 12 Maret 2013

Manajemen Syariah


Nama Kelompok : Martua Sihotang
                                Albet Fernando
                                Eko Candra
MANAJEMEN SYARIAH DALAM ORGANISASI
1.      Berikan Contoh organisasi yang ada dan tunjukan tingkatan manajemen !!
·        Manajemen  Lini Pertama
·        Manajemen Menengah
·        Manajemen Puncak

2.      Kaitkan Dengan Fungsional Dan Umum . Contoh ketrampilan teknisnya, manusiawi dan konseptual !!

Jawab :

1.      TOP MANAJEMEN
2.      MIDDLE MANAJEMEN
3.      FIRSY LAVEL MANAJEMEN                                        


·          Top level manager membuat keputusan yang berdampak terhadap keseluruhan organisasi. Mereka tidak menggerakkan aktivitas harian organisasi, tetapi mereka membuat tujuan organisasi dan mengarahkan perusahaan untuk mencapainya. Manager tingkat atas utamanya bertanggung jawab atas kinerja orgaisasi dan manajer di tingkatan ini memiliki tugas atau pekerjaan yang tak kelihatan.
·          Middle level manager atau manajer tingkat menengah adalah mereka yang berada dibawah top manager. Biasanya disebut sebagai General Manager, Regional Manager atau Manajer Divisi. Mereka bretanggung jawab membawa tujuan yang telah dibuat oleh manager tingkata atas. Mereka melakukannya dengan cara membuat tujuan bagi departemennya atau bisnis unit lainnya. Mereka dapat memotivasi dan membantu manajer tingkat pertama dan atau berkomunikasi dengan atasannya memberikan saran dan umpan balik. Manajer tingkat menengah lebih terlibat pada pekerjaan harian dari perusahaan, mereka bisa memberikan informasi berharga kepada manager tingkat atas untuk meningkatkan tingkatan bawah organisasi.
·          Manajer tingkat pertama bertanggung jawab pada pengaturan harian dari pekerja atau staf yang memproduksi suatu produk atau jasa. Meskipun mereka tidak membuat tujuan bagi organisasi, mereka sangat mempengaruhi perusahaan. Mereka adalah manajer yang berinteraksi dengan pekerja sehari hari, jika manajer ini berkinerja buruk, pegawai atau staff kemungkinan juga berkinerja buruk, tidak termotivasi atau malahan meninggalkan perusahaan. 
4.       
1.    Dalam Konseptual
Tiap-tiap tingkatan manager memerlukan ketrampilan perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan dan pengawasan. Namun, berdasarkan hirarkhinya, pada tingkatan yang berbeda memiliki porsi yang berbeda dalam menjalankan fungsi pengorganisasiannya. Secara sederhana, porsi pelaksanaan tugas perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan dan fungsi pengawasan pada ketiga tingkatan managjer tersebut dapat digambarkan seperti pada skema berikut ini :

2.      Dalam Manusiawi
Contohnya : Membangun Hubungan Antar Manusia
Hal penting yang dapat kita ambil pelajaran dari para pemimpin diawal islam adalah bahwa mereka membantun hubungan yang baik antara atasan dan bawahan. Dibangun pula berbagai mekanisme pemeriksaan untuk memastikan bahwa hal itu tak dilanggar. Ada 2 alasan yaitu 1 ) mereka sadar akan tuntutan agama untuk mendirikan keadilan dan adil dengan orang lain bahkan dengan non muslim. 2) pemahaman yang jelas para pemimpin dan kebutuhan alami manusia yang tidak hanya punya kebutuhan untuk terpuaskan secara spiritual tapi juga materi.

3.      Dalam Teknis

Teknis Berarti dalam Kegiatan yang menggunakan harta alat-alat dan cara tertentu     Kinerja yang luar biasa atas individu dalam sebuah organisasi akan timbul melalui penerapan sistem manajemen perusahaan yang yang baik dan terarah dengan landasan folosofis yang jelas. Dalam konteks manajemen organisasi, system manajemen serta budaya yang positif bagi organisasi dapat dikembngkan dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan menerapkan konsep berbagi atau sharing PIKR yaitu Power, Information, Knowledge, dan Reward

Tidak ada komentar:

Posting Komentar